Minggu, 03 September 2017

GIPANG PEDAS MANIS (GIPSANIS)



BAB I
PENDAHULUAN
Di era globalisasi saat ini, persaingan di dunia kerja sangat ketat di tambah dengan berlakunya masyarakat ekonomi ASEAN atau yang disebut MEA. Indonesia sendiri masih perlu memperbaiki diri untuk menghadapi MEA, alasannya adalah rendahnya SDM yang dapat bersaing dan infrastruktur yang dimiliki belumlah cukup untuk bersaing. Salah satu cara bertahan dalam MEA yaitu dengan berwirausaha, Rendahnya pendidikan kewirausahaan membuat sebagian masyarakat takut untuk memulai usaha dimulai dengan alasan sulitnya mendapatkan dana untuk memulai usaha ,takut gagal hingga tidak berani untuk mencoba kembali.
Di Indonesia sendiri terbuka lebar peluang untuk berwirausaha, salah satunya sektor makanan. Manusia tidak akan terlepas dari makanan karena makanan merupakan kebutuhan sekunder bagi manusia. selainsektor makanan pokok seperti beras dan gandum, sektor makanan ringan merupakan sektor emas yang dapat dikembangkan bagi para wirausaha. Sudah banyak makanan ringan yang tersebar dipasar, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan tradisional khas Indonesia.
Salah satu makanan tradisional khas Indonsia yang cocok menjadi makanan ringan atau snack adalah rengginang. Pembuatan rengginan dengan menghadirkan inovasi dapat menambah nilai rengginang itu sendiri, yaitu dengan mengubah tampilan, menambah cita rasa yang lain dari biasanya, kemasan yang menarik dan srategi pemasaran yang tepat. Sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu makan ringan alternatif khas Indonesia.
Dengan melihat potensi seperti di atas, maka kami tidak ingin melewatkan peluang tersebut. Oleh sebab itu kami ingin membuat produk makanan yangakan  kami beri nama “         JIPSANIS = JIPANG PEDAS MANIS ”. untuk dikembangkan menjadi sebuah usaha yang akan menjadi pilihan makanan ringan untuk menemani waktu senggang.

1.1  Latar Belakang
Sebelum jipsanis hadir sebagai pilihan makanan ringan bagi masyarakat, kami telah memperhatikan kurangnya produk makanan ringan yang merupakan modifikasi dari makanan tradisional yang digemari semua semua kalangan. Dengan tampilan dan rasa yang telah termodifikasi kami yakin produk yang akan kami buat akan diterima pasar dan akan menjadi pilihan makanan ringan bagi masayarakat dari semua kalangan.
 Selain karena peluang pasar yang besar untuk produk ini, jipsanis merupakan produk dengan bahan baku yang mudah didapat, sehingga dapat mempermudah proses produksi itu sendiri. Satu – satunya kendala dalam proses produksi adalah cuaca atau tepatnya sinar matahari tapi itu semua tidak menjadi kendala berarti dalam produksi jipsanis karena kami dapat bekerja sama dengan usaha rumahan yang dapat memproduksi jipang dengan bentuk sesuai pesanan kami. Sehingga kendala cuaca tidak begitu berarti karena kami tetap mendapatkan bahan baku dan dapat tetap melakukan proses produksi.
Nantinya bisnis ini memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat sekitar dengan menyerap beberapa pegawai pada usia produktif dan mengurangi budaya pengangguran. Dan bagi usaha yang sejenis tentunya akan menciptakan suasanan persaingan yang semakin meluas dan kompetitif. Berlomba untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen/ pelanggan dengan beragam inovasi yang dimiliki masing-masing produk. Serta meramaikan pasar makanan ringan yang ada sekarang ini.
Dalam hal profit usaha ini menjanjikan keuntungan karena bahan baku yang mudah di dapat dan tidak terlalu mahal tetapi kami menampilkan packing yang menarik yang menambah nilai dari rengginang itu sendiri sehingga dapat menarik minat konsumen untuk membeli. Oleh sebab itu, produk ini mempenyai peluang yang besar untuk terus berlanjut setelah selesainya kegiatan PKM-K ini.








BAB II
ASPEK PEMASARAN
2.1  Aspek Pasar dan Pemasaran
Target pasar kami adalah umum mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga hingga pekerja sehingga kami bisa menjangkau semua kalangan. Kami memasarkan semua kalangan  karena JIPSANIS bukan hanya makanan ringan yang bisa dinikmati saat waktu luang tetapi juga dapat menjadi bingkisan untuk anak, saudara, sebagai kue yang dapat disajikan saat hari besar seperti idul fitri dan natal hingga menjadi hadiah untung pasangan pada hari valentine. Oleh sebab itu, JIPSANIS kami harapkan akan menjadi makanan ringan yang akan diterima semua kalangan.
Karena banyaknya makan makanan yang sudah tidak sehat bahkan kurang bersih cara mengelolahnya kami mempunyai prinsip bersih dalam mengolalaanya karena Demi kemaslahatan umat. Selain itu JIPSANIS kami akan mampu bersaing dalam Masyarakat ekonmi ASEAN atau MEA dan perkembangan pasar yang sudah mulai semakin maju ini kami akan selalu menampilkan inovasi inovasi baru. yag akan kami buat agar konsumen menjadi semakin tertarik kepada JIPSANIS yang kami buat.
Peluang pasar JIPSANIS memiliki prospek yang positif mengingat kebutuhan masyarakat akan makanan ringan untuk menemani segala kegiatan. Prospek akan semakin positif  disaat usaha akan mulai berjalan dan berkembang, hal ini kita juga akan bekerja sama dengan supermarket ataupun toko-toko besar jika produk kami sudah mulai memproduksi. Produk juga akan terus berinovasi mulai dari kemasan yang menarik ataupun rasa yang variatif.

2.2  Aspek Pemasaran
Promosi produk JIPSANIS sebagai berikut :
·         Personal selling : menawarkan melalui teman , keluarga dan lingkungan rumah serta kampus.
·         Media online : melalui social media yang akan saya buat dengan pemasaran melalui instagram, facebook, blog, line, dan twitter. Juga memasang iklan di web.
·         Promosi juga akan dibuat agar menarik pelanggan yaitu dengan cara sistem disount dihari tertentu seperti (valentine dsb), atau gratis produk setiap pembilian 10pcs.

Segmen pasar dari usaha JIPSANIS adalah
·         Remaja (14 -17 tahun)
·         Mahasiswa/I (17-25 tahun)
·         Ibu rumah tangga dan wanita karir yang doyan ngemil
·         Laki-laki dan perempuan.

2.3  Starategi Pemasaran/Produksi
Sebelum kami mempunyai gerai sendiri kami akan memasarkan produk kami dengan bekerja sama dengan toko oleh-oleh dan toko kue yang menjual cookies. Dengan starategi pemasaran yang akan kami lakukan adalah mulai dari mulut ke mulut karena kami yakin cara pemasaran tradisional seperti ini masih berguna karena calon konsumen khususnya ibu rumah tangga akan cepat percaya dengan testimoni konsumen yang mereka dengar secara langsung yang akan menimbulkan rasa penasaran akan rasa sebenarnya produk kami.Selain itu kami melakukuan promosi menggunkan semua media sosial mulai dari facebook, twitter hingga instagram cara ini dinilai efektif untuk mendapatkan konsumen dan kami akan melakukan kerja sama dengan para reseller sehingga produk kami akan di lebih cepat dikenal.

2.4  Produk dan Jasa Yang Ditawarkan
Produk yang kami tawarkan adalah jipang pedas manis atau dapat disebut JIPSANIS, ini merupakan makanan ringan modifikasi dari makanan tradisional khas Indonesia. Dengan bentuk
 seperti Segitiga dan bila sudah  sudah dikukus campurkan dengan resbusan air gula dan cabe rawit hingga meresap, rasanya pedas menggelegar dan manis sehigga kami berinama jipang pedas manis. Selain keunikan diatas penyajian produk jipang kami berbeda dari jipang yang ada di pasaran, yaitu dengan hadirnya varian toping jipang coklat, kacang tanah, kacang almond dan caramel akan mempercantik tampilan JIPSANIS
Selain itu varian varian seperti pedas manis yang akan kami beri level kepedasan sehingga konsumen yang tidak terlalu suka pedas dapat pula menikmati JIPSANIS. Dari mulai level 1. Level 2 level 3 dan seterusnya yang akan menambah sensasi tersindiri untuk yang mencicipinya. Selain varian diatas kami akan terus berinovasi menciptakan varian-varian rasa terbaru sehinggakonsumen tidak akan bosan dengan produk kami dan akan terus menunggu varian apa yang akan kami produksi selanjutnya.































BAB III
ASPEK TEKNIS
3.1  Perencanaan kualitas
·         Realibility, kami memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan sesuai dengan hal-hal yang telah kami janjikan, yaitu makanan ringan dengan tampilan menarik dengan rasa yang nikmat
·         Responsiveness, pelayaan / respon terhadap konsumen dilakukan dengan sigap, karena kami dapat melayani konsumen dibeberapa toko dan melayani konsumen 24 jam untuk pelayanan media sosial.
·         Assurance, kami mengutamakan kebersihan dalam proses produksi sehingga makanan yang kami produksi tidak akan tercemar dan terjamin kehalalannya.
·         Emphaty, selain melayani pembelian secara langsung di toko kue. Kami menyediakan layanan delivery orderdi area tertentu, yang dapat dipesan melalui call center kami dan kami menerima pesanan via online.
·         Tangibles,selain mengenyangkan sebagai makanan ringan “JIPSANIS” akan memberikan nilai tambah berupa sensasi yang asing ketika konsumen memakanna tetapi aka nada perasaan untuk mencoba kembali.

3.2          Lokasi
Kami masih usaha rumah tangga dan masih produkisi di rumsah sendiri , untuk itu kami memilih rumah teman kami untuk membuat produksi jipang pedas manis bertepatkan rumah endah di daerah cikande kabupaten serang banten, selain rumahnya dekat dengan jalan utama dan mudah untuk transforatasi sehingga memudahkan akses.

3.3    Tata Letak ( Lay Out )
Perusahaan ini berada di pusat kabupaten serang, yaitu cikande permai yang termasuk wilayah kabupaten serang bagian barat. Perusahaan ini berada di dekat pertokoan dan pemukiman penduduk wilayah cikande permai Bangunan jipang pedas manis dibatasi antara lain: sebelah kiri terdapat kantor elektronik, sebelah kanan terdapat dealer Suzuki, sebelah depan toko sembako, dan sebelah belakang pemukiman penduduk.
3.4    Analisi SWOT
Strength (Kekuatan)
A.    Keunggulan produk
Kami menawarkan suatu produk makanan ringan yang kekinian , rasa yang lezat, harga yang terjangkau, dan mempunyai keunikan dalam membuat makanan ringan atau berbeda dari produk pesaing lain.
B.     Kreativitas
Kami menawarkan kreativitas baru dalam mengolah gipang dalam bentuk kotak dengan berbagai toping yang digemari banyak orang , yaitu kacang tanah,almond, caramel, dan original.
C.     Bahan baku mudah di dapat
Bahan baku pembuatan gipang pedas manis ini tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya terjangkau.
Weakness (Kelemahan)
A.    Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
Opportunities (Peluang)
A.    Banyaknya konsumen
Banyaknya masyarakat yang menggemari makanan ringan berupagipang pdas manis, karena jipang adalah panganan yang baik dikonsumsi dan sudah menjadi kegemaran orang banyak. Dengan begitu jipang ini memiliki kesempatan yang baik dalam bersaing dipasaran, Karena menyajikan jipang  yang berbeda dari biasanya.
B.     Sistem pemasaran
Pemasaran yang akan kami lakukan cukup mudah. Kami akan memasarkannya dilingkungan kampus, tempat tinggal, online serta kami akan menaruhnya di e-commerce dan juga toko - toko terdekat.
Threats (Ancaman)
A.    Salah satu bentuk ancaman yang dikhawatirkan bisa terjadi adalah keacuhan konsumen dan juga akan munculnya para pesaing yang akan menyaingi produk tersebut.

3.5         Pemilihan Teknologi
              Teknologi yang kami gunakan sebagai alat untuk memproduksi produk-produk kami, antara lain:
·         Kompor gas, kompor gas digunakan untuk memasak menggunkan kompor gas lebih efisien disbanding menggunkan kompor kayu atau kompor listrik
·         Baskom, untuk tempat mendingin kan ketan setalah dikukus
·         Panci, untuk merebus gula
·         Tempat menanak nasi, untuk mengkukus beras
·         Ember, untuk merendam beras
·         Wajan, untuk menggoreng jipang
·         Nampan, untuk menjemur jipang
·         Pisau, untuk memotong jipang
·         Belender, untuk menghancurkan cabe rawit
·         Toples, untuk tempat kemasan JIPSANIS

3.6  Manajemen Persediaan
Manajemen persediaan produk “JIPSANIS” dilakukan dengan sangat cermat. Berdasarkan ramalan produksi yang kami lakukan, maka kami dapat menghitung berapa bahan baku yang diperlukan untuk dapat melakukan sekali produksi tersebut. Kami melakukan pembelian bahan baku dalam jumlah sedang , misalnya untuk kebutuhan 3 kali produksi, dengan tujuan agar bahan baku tetep dalam keadaan bagus. Sebelum bahan baku habis, kami akan melakukan pembelian kembali. Hal tersebut dilakukan agar semua permintaan terhadap produk kami dapat terpenuhi.
3.7  Pengawasan Kualitas Produksi
Pengawasan kualitas produksi merupakan kelanjutan dari proses perencanaan kualitas yang telah dilaksanakan sebelumnya. Pengawasan kualitas produksi ini dapat dilakukan dengan terlebih dahulu membuat SOP (standart operasionalprosedur) untuk setiap aspek yang ada dalam “JIPSANIS”. Mulai dari pembelian bahan baku, proses produksi, hinggapelayanan kami via online maupun langsung. Mengecek kelayakan produk kami di setiap toko dalam berkala
3.8  Proses Produksi
Resep Pembuatan
Bahan :
1.    Beras Ketan putih
2.    Gula pasir & Garam
3.    Air
4.    Cabe rawit
5.    Minyak sayur
Topping :
1.    Kacang tanah
2.    Kacang almond
3.    Coklat
4.    caramel

Cara Membuat :
     Pertama beras ketan sebagai bahan utama di cuci bersih menggunakan air bersih, rendam selama 90 menit
     Kukus beras ketan yang sudah bersih sampai dirasa mekar Selama 20 menit sampai menjadi aron
     Campurkan gula pasir, cabe rawit yang sudah di tumbuk dan garam lalu siram dengan air secukupnya
     Rebus dan aduk sampai mendidih serta gula, tumbukan caberawit dan garam larut dalam air
     Campurkan beras yang sudah dikukus dengan rebusan air gula, cabe rawit halus dan garam hingga meresap
     Selanjutnya kukus higga mateng sempurna, angkat
     Tuang campuran bahan diatas kedalam loyang beralas plastik yang sudah diberi olesan minyak. keumudian potong bentuk segitiga da bungkus dengan plastik tersebut, lalu jemur sampai kering.
     Setelah itu goreng jipag dengnan minyak panas dalam wajan sampai mengapung dan garing. Angkat dan dinginkan
     Oleskan caramel lalu beri toping sesuai yang kita inginkan, ada kacang tanah, kacang almond dan carmel saja..
pengemasan
Pengemasan dilakukan dengan menggunakan topples yang serupa dengan topples kue kering lainnya dan diberi perekat agar topples keda udara sehingga kerenyahan JIPSANIS akan tetap terjaga dan siap untuk dipasarkan.























BAB IV
ASPEK MANAJEMEN

4.1  Aspek Manajemen
Struktur Organisasi












BAGIAN KEUANGAN
NOPIYANTI
 

BAGIAN PEMASARAN
ENDAH PURTIUTAMI
 

BAGIAN PRODUKSI
FERA NURFATIHAH


 

 








·                     Nama               : Nopiyanti
Nim                 : 5554150004
Jurusan            : ekonomi islam
Jabatan                        : Bagian Keuangan
Jobdes             : Menganalisis keuangan usaha
              Mengatur pemasukan dan pengeluaran keuangan
  Melakukan pembukuan
·         Nama               : endah putriutami
Nim                 : 55041500031
Jurusan            : keuangan perbankan
Jabatan                        : Bagian Pemasaran
Jobdes             : Melakukan pemasaran mulai dari menjadi admin media sosial
  Melakukan kerja sama dengan toko-toko yang akan menjadi tempat   penitipan produk, reseller dan konsumen.
·           Nama               : fera nurfatihah
Nim                 : 5557766000
Jurusan            : perpajakan
Jabatan                        : Bagian operasional / produksi
Jobdes             : Membeli bahan baku
                          Melakukan proses produksi dan pengemasan JIPSANIS






























BAB V
ASPEK KEUANGAN
5.1  Recana kebutuhan dana
Biaya investasi
Keterangan
Jumlah
Harga
Pisau
4 Buah
 Rp            100.000
Baskom
4 Buah
 Rp            200.000
Nampan
6 Buah
 Rp            300.000
Paci
2 Unit
 Rp            300.000
Penggorengan
2 Buah
 Rp            300.000
Kompor gas
1 Buah
 Rp            500.000
tabung gas
1 Buah
 Rp            600.000
Wajan
2 Buah
 Rp            200.000
Ember
2 Buah
 Rp            100.000
pengkuskus nasi
1 Buah
 Rp            200.000
Blender
1 Buah
 Rp            200.000
 Jumlah

Rp3.000.000

Biaya Operasional
keterangan
Jumlah
harga
Beras ketan
6 liter
 Rp                90.000
Minyak sayur
2 liter
 Rp                30.000
Kacang Almond
Rp3.000
 Rp                  3.000
Kacang tanah
1 kg
 Rp                25.000
Gula jawa
1 kg
 Rp                10.000
Gula putih
2 kg
 Rp                30.000
Cabai rawit
1 kg
 Rp                50.000
Kertas kue
3 pack
 Rp                10.000
Toples plastic
30 toples
 Rp                60.000
Gas
Isinya
 Rp                40.000
Jumlah

 Rp              345.000
Biaya Pegeluaran Tetap
Keterangan
 Harga (perBulan)
Harga/Tahun
Biaya Pemasaran
 Rp              300.000
 Rp         3.600.000
2 orang pegawai
 Rp              300.000
 Rp         3.600.000
Biaya Transportasi
 Rp              400.000
 Rp         4.800.000
Listrik dan Air telpon
 Rp              150.000
 Rp         1.800.000
Jumlah
 Rp          1.150.000
 Rp      13.800.000


Biaya Rp. 345.000; dalam sekali produksi (3-5 jam)
Dalam sekali proses produksi dapat menghasilkan 30 toples jipsanis
Maka:
HPP          = Biaya produksi : kapasitas produksi
= Rp. 345.000 : 30 Toples
                 = Rp. 11.500

Ekspektasi Laba sebesar 60% dari biaya.
= 40% x Rp. 345.000
= Rp. 138.000

Jumlah HPP         = Biaya produksi + ekspektasi laba
                             = Rp. 345.000 + Rp. 138.000= Rp. 483.000
Maka harga jual yang harus ditawarkan agar dapat memenuhi keuntungan yang diharapkan yaitu sebesar 60% adalah :
Harga Jual            =  Jumlah HPP : kapasitas produksi
                             =  Rp. 483.000 : 30 Toples
                             =  Rp. 16.100 per toples Renbo
1.Pendapatan


 Pendapatan Perhari (30 pcs/hari)
Rp                 483.000

 Pendapatan Perbulan  (870 pcs/29hari)
Rp            14.007.000

Pendapatan Pertahun  (10440pcs)
Rp          168.084.000

 Hasil Penjualan

Rp          168.084.000  
Biaya Produksi
Rp        345.000

Biaya Tenaga Kerja (2 Org)
Rp        3.600.000

Biaya Pemasaran
Rp       3.600.000

Biaya Transportasi
Rp       4.800.000

Listrik dan Air telpon
Rp       1.800.000

Biaya Peralatan
 Rp      3000,000

Jumlah
Rp        13.545.000

Total Biaya

13.545.000

Hasil Akhir
168.070.455





Proyeksi Laba Rugi (Pada Tahun Pertama)
Penghitungan laba rugi dengan menghitung selisih dari hasil penjualan dengan pengeluaran biaya
Laba/Rugi          = TR – TC
 = Rp 168.084.000  - Rp 13.545.000
 = Rp 168.070.455

1 komentar:

  1. CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar serta tenda lainnya. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL.
    Tenda Roder Putih dan Tenda Transparan

    Tenda Roder Putih
    Salah satu yang cukup sering digunakan adalah tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih privasi.
    Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda gudang tenda posko kemanan ataupun darurat.

    Tenda Transparan
    Tenda transparan ini dapat memberikan penerangan yang lebih maksimal dari pada tenda roder putih karena cahaya dapat masuk lebih banyak banyak ke dalam tenda ini. Tenda jenis ini memiliki kesan yang lebih arkistik dan elegan, sangat cocok untuk anda yang memimginkan tampilan cantik pada saat acara dilangsungkan.
    Pada umumnya tenda ini sering digunakan untuk acara event, wedding (pernikahan), party, bazar, pameran, DLL.

    Spesifikasi Tenda Roder
    1. Menggunakan PVC 850 blackout untuk atap nya, Dan bahan dindingnya ada 550, 410, 880 dan 850.
    Bisa disesaikan dengan kebutuhan ataupun keinginan anda.
    Blackouk sendiri tahan terhadap sinar UV matahari, Sehingga saat berada didalam tenda anda akan merasa nyaman.
    2. Memiliki Ukuran yang besar Dan beragam
    Kami memiliki beberapa ukuran bentangan yaitu 10 m, 15m dan 20 m dengan panjang bentangan kebelakang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.
    3. Menggunakan rangka allumunium yang tahan terhadap karat. Atau bisa juga menggunakan besi.
    4. Cocok digunakan untuk segala jenis acara.
    5. Tidak Memerlukan IMB (ijin mendirikan bangunan)

    Spesifikasi rangka tenda Roder
    1. Bentangan 10
    memiliki tebal 65 x 100 x 4 mm
    2. bentangan 15
    memiliki tebal 85 x 120 x 4 mm
    3. Bentangan 20
    memiliki tebal 100 x 200 x 4 mm
    *tingginya 3 m untuk bentangan 10 dan 15. Serta 4 m untuk bentangan 20. (bisa custom)

    Tenda kerucut / sarnafil
    Tenda sarnafil adalah jenis tenda promosi, event ataupun bazar, dengan bentuk atap kerucut sisi dinding PVC 410 gsm dan 550 gsm Blackout yang dapat ditutup dan dibuka.
    Tenda jenis ini dapat digunakan untuk :
    - Berbagai kegiatan promosi / event.
    - Bazar, Seminar dan Pameran.
    Desain tenda sarnafil dapat disesuaikan dengan keinginan anda dan tersedia berbagai ukuran yaitu 3m x 3m, 4m x 4m, 5m x 5m dengan tinggi tiang kaki 2m s/d 2,5 m. Tenda ini juga bisa ditambahkan ornamen - ornamen seperti dinding ataupun pintu yang terbuat dari mika.
    Tenda Kerucut menggunakan ranga besi sedangkan Tenda Sarnafil menggunakan rangka alumunium.

    Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Silahkan hubungi 0811 1252 0824 RAHMA
    Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci, Tangerang.
    SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00

    Anda juga dapat menghubungi kami di :
    https://tendagudangjakarta.blogspot.com/
    https://tendagudangbogor.blogspot.com/
    https://tendaroderbsm.blogspot.com/
    Twitter : @TangerangRoder
    Instagram : @tendapameranjakarta
    Instagram : @tendagudangjakarta
    SHOPEE : @https:tendarodertangerang
    TOKOPEDIA :@partisipameran23
    PINTEREST : @TENDARODERBANDUNG

    BalasHapus

Contoh Surat Lamaran kerja Yang baik dan benar terbaru

Perih al : Lamaran Pekerjaan                                                                     Serang, 30 Desember 201 9 Lampiran   :...