BAB
I
PENDAHULUAN
Di
era globalisasi saat ini, persaingan di dunia kerja sangat ketat di tambah
dengan berlakunya masyarakat ekonomi ASEAN atau yang disebut MEA. Indonesia
sendiri masih perlu memperbaiki diri untuk menghadapi MEA, alasannya adalah rendahnya
SDM yang dapat bersaing dan infrastruktur yang dimiliki belumlah cukup untuk
bersaing. Salah satu cara bertahan dalam MEA yaitu dengan berwirausaha,
Rendahnya pendidikan kewirausahaan membuat sebagian masyarakat takut untuk
memulai usaha dimulai dengan alasan sulitnya mendapatkan dana untuk memulai
usaha ,takut gagal hingga tidak berani untuk mencoba kembali.
Di
Indonesia sendiri terbuka lebar peluang untuk berwirausaha, salah satunya
sektor makanan. Manusia tidak akan terlepas dari makanan karena makanan
merupakan kebutuhan sekunder bagi manusia. selainsektor makanan pokok seperti
beras dan gandum, sektor makanan ringan merupakan sektor emas yang dapat
dikembangkan bagi para wirausaha. Sudah banyak makanan ringan yang tersebar
dipasar, tetapi umumnya makanan tersebut bukanlah makanan tradisional khas
Indonesia.
Salah
satu makanan tradisional khas Indonsia yang cocok menjadi makanan ringan atau
snack adalah rengginang. Pembuatan rengginan dengan menghadirkan inovasi dapat
menambah nilai rengginang itu sendiri, yaitu dengan mengubah tampilan, menambah
cita rasa yang lain dari biasanya, kemasan yang menarik dan srategi pemasaran
yang tepat. Sehingga usaha ini memang layak dikembangkan menjadi salah satu
makan ringan alternatif khas Indonesia.
Dengan
melihat potensi seperti di atas, maka kami tidak ingin melewatkan peluang
tersebut. Oleh sebab itu kami ingin membuat produk makanan yangakan kami beri nama “ JIPSANIS
= JIPANG PEDAS MANIS ”.
untuk dikembangkan menjadi sebuah usaha yang akan menjadi pilihan makanan
ringan untuk menemani waktu senggang.
1.1 Latar
Belakang
Sebelum
jipsanis hadir sebagai pilihan
makanan ringan bagi masyarakat, kami telah memperhatikan kurangnya produk
makanan ringan yang merupakan modifikasi dari makanan tradisional yang digemari
semua semua kalangan. Dengan tampilan dan rasa yang telah termodifikasi kami
yakin produk yang akan kami buat akan diterima pasar dan akan menjadi pilihan
makanan ringan bagi masayarakat dari semua kalangan.
Selain karena peluang pasar yang besar untuk
produk ini, jipsanis merupakan
produk dengan bahan baku yang mudah didapat, sehingga dapat mempermudah proses
produksi itu sendiri. Satu
– satunya
kendala dalam proses produksi adalah cuaca atau tepatnya sinar matahari tapi
itu semua tidak menjadi kendala berarti dalam produksi jipsanis karena kami dapat
bekerja sama dengan usaha rumahan yang dapat memproduksi jipang dengan bentuk sesuai
pesanan kami. Sehingga kendala cuaca tidak begitu berarti karena kami tetap
mendapatkan bahan baku dan dapat tetap melakukan proses produksi.
Nantinya
bisnis ini memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat sekitar dengan
menyerap beberapa pegawai pada usia produktif dan mengurangi budaya
pengangguran.
Dan bagi usaha yang sejenis tentunya akan menciptakan suasanan persaingan yang
semakin meluas dan kompetitif. Berlomba untuk memberikan pelayanan terbaik
kepada konsumen/ pelanggan dengan beragam inovasi yang dimiliki
masing-masing produk. Serta
meramaikan
pasar makanan ringan yang ada sekarang ini.
Dalam
hal profit usaha ini menjanjikan keuntungan karena bahan baku yang mudah di
dapat dan tidak terlalu mahal tetapi kami menampilkan packing yang menarik yang
menambah nilai dari rengginang itu sendiri sehingga dapat menarik minat
konsumen untuk membeli. Oleh sebab itu, produk ini mempenyai peluang yang besar
untuk terus berlanjut setelah selesainya kegiatan PKM-K ini.
BAB II
ASPEK
PEMASARAN
2.1
Aspek
Pasar dan Pemasaran
Target pasar kami
adalah umum mulai dari mahasiswa, ibu rumah tangga hingga pekerja sehingga kami
bisa menjangkau semua kalangan. Kami memasarkan semua kalangan karena JIPSANIS bukan hanya makanan ringan yang bisa
dinikmati saat waktu luang tetapi juga dapat menjadi bingkisan untuk anak, saudara, sebagai kue
yang dapat disajikan saat hari besar seperti idul fitri dan natal hingga
menjadi hadiah untung pasangan pada hari valentine. Oleh sebab itu, JIPSANIS kami harapkan akan
menjadi makanan ringan yang akan diterima semua kalangan.
Karena
banyaknya makan makanan yang sudah tidak sehat bahkan kurang bersih cara
mengelolahnya kami mempunyai prinsip bersih dalam mengolalaanya karena Demi kemaslahatan
umat. Selain itu JIPSANIS kami akan mampu bersaing dalam Masyarakat ekonmi
ASEAN atau MEA dan perkembangan pasar yang sudah mulai semakin maju ini kami
akan selalu menampilkan inovasi inovasi baru. yag akan kami buat agar konsumen
menjadi semakin tertarik kepada JIPSANIS yang kami buat.
Peluang pasar JIPSANIS memiliki prospek yang
positif mengingat kebutuhan masyarakat akan makanan ringan untuk menemani
segala kegiatan. Prospek akan semakin positif disaat
usaha akan
mulai berjalan dan
berkembang, hal ini kita juga akan
bekerja sama dengan supermarket ataupun toko-toko besar jika produk kami sudah mulai memproduksi.
Produk juga akan terus berinovasi mulai dari kemasan yang menarik ataupun rasa
yang variatif.
2.2 Aspek
Pemasaran
Promosi produk
JIPSANIS sebagai berikut :
·
Personal selling : menawarkan melalui teman , keluarga dan lingkungan
rumah serta kampus.
·
Media online : melalui social media yang akan saya buat dengan pemasaran
melalui instagram, facebook, blog, line, dan twitter. Juga memasang iklan di
web.
·
Promosi juga akan dibuat agar menarik pelanggan yaitu dengan cara sistem
disount dihari tertentu seperti (valentine dsb), atau gratis produk setiap
pembilian 10pcs.
Segmen pasar dari usaha JIPSANIS adalah
·
Remaja (14 -17 tahun)
·
Mahasiswa/I (17-25 tahun)
·
Ibu rumah tangga dan wanita karir yang doyan ngemil
·
Laki-laki dan perempuan.
2.3
Starategi
Pemasaran/Produksi
Sebelum kami mempunyai
gerai sendiri kami akan memasarkan produk kami dengan bekerja sama dengan toko
oleh-oleh dan toko kue yang menjual cookies. Dengan starategi pemasaran yang
akan kami lakukan adalah mulai dari mulut ke mulut karena kami yakin cara
pemasaran tradisional seperti ini masih berguna karena calon konsumen khususnya
ibu rumah tangga akan cepat percaya dengan testimoni konsumen yang mereka
dengar secara langsung yang akan menimbulkan rasa penasaran akan rasa
sebenarnya produk kami.Selain itu kami melakukuan promosi menggunkan semua
media sosial mulai dari facebook, twitter hingga instagram cara ini dinilai
efektif untuk mendapatkan konsumen dan kami akan melakukan kerja sama dengan
para reseller sehingga produk kami akan di lebih cepat dikenal.
2.4
Produk
dan Jasa Yang Ditawarkan
Produk yang kami
tawarkan adalah jipang pedas manis atau
dapat disebut JIPSANIS,
ini merupakan makanan ringan modifikasi dari makanan tradisional khas
Indonesia. Dengan bentuk
seperti Segitiga dan bila sudah sudah dikukus
campurkan dengan resbusan air gula dan cabe rawit hingga meresap,
rasanya pedas menggelegar dan manis sehigga kami
berinama jipang pedas manis.
Selain keunikan diatas penyajian produk jipang kami berbeda dari jipang yang ada di pasaran,
yaitu dengan hadirnya varian
toping jipang
coklat,
kacang tanah, kacang almond dan caramel
akan mempercantik tampilan JIPSANIS
Selain
itu varian varian seperti pedas manis yang akan kami beri level kepedasan
sehingga konsumen yang tidak terlalu suka pedas dapat pula menikmati JIPSANIS. Dari mulai level 1. Level 2 level 3 dan seterusnya yang
akan menambah sensasi tersindiri untuk yang
mencicipinya. Selain varian diatas kami akan terus berinovasi menciptakan
varian-varian rasa terbaru sehinggakonsumen tidak akan bosan dengan produk kami
dan akan terus menunggu varian apa yang akan kami produksi selanjutnya.
BAB III
ASPEK TEKNIS
3.1
Perencanaan
kualitas
·
Realibility, kami
memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan sesuai dengan hal-hal yang telah
kami janjikan, yaitu makanan ringan dengan tampilan menarik dengan rasa yang
nikmat
·
Responsiveness,
pelayaan / respon terhadap konsumen dilakukan dengan sigap, karena kami dapat
melayani konsumen dibeberapa toko dan melayani konsumen 24 jam untuk pelayanan
media sosial.
·
Assurance, kami
mengutamakan kebersihan dalam proses produksi sehingga makanan yang kami
produksi tidak akan tercemar dan terjamin kehalalannya.
·
Emphaty, selain
melayani pembelian secara langsung di toko kue. Kami menyediakan layanan
delivery orderdi area tertentu, yang dapat dipesan melalui call center kami dan
kami menerima pesanan via online.
·
Tangibles,selain mengenyangkan sebagai makanan ringan “JIPSANIS” akan memberikan nilai tambah
berupa sensasi yang asing ketika konsumen memakanna tetapi aka nada perasaan
untuk mencoba kembali.
3.2
Lokasi
Kami masih usaha rumah tangga dan masih produkisi di
rumsah sendiri , untuk itu kami memilih rumah teman kami untuk membuat produksi jipang
pedas manis bertepatkan rumah endah di daerah cikande kabupaten serang banten,
selain rumahnya dekat dengan jalan utama dan mudah untuk transforatasi sehingga
memudahkan akses.
3.3
Tata Letak ( Lay Out )
Perusahaan ini berada di pusat kabupaten serang,
yaitu cikande permai yang termasuk wilayah kabupaten serang bagian barat. Perusahaan ini
berada di dekat pertokoan dan pemukiman penduduk wilayah cikande permai Bangunan jipang pedas manis dibatasi antara lain: sebelah kiri terdapat kantor elektronik, sebelah kanan
terdapat dealer Suzuki, sebelah depan toko sembako, dan sebelah belakang pemukiman
penduduk.
3.4
Analisi
SWOT
Strength (Kekuatan)
A. Keunggulan produk
Kami menawarkan suatu produk makanan
ringan yang kekinian , rasa yang lezat, harga yang terjangkau, dan mempunyai
keunikan dalam membuat makanan ringan atau berbeda dari produk pesaing lain.
B. Kreativitas
Kami menawarkan kreativitas baru
dalam mengolah gipang dalam bentuk kotak dengan berbagai toping yang digemari banyak orang , yaitu kacang
tanah,almond, caramel, dan original.
C. Bahan baku mudah di dapat
Bahan baku pembuatan gipang pedas
manis ini
tersedia banyak dan mudah di dapat serta harganya terjangkau.
Weakness (Kelemahan)
A. Belum memiliki cukup pengalaman
Pengalaman untuk memulai usaha yang
masih sangat minim merupakan suatu kelemahan yang harus diatasi.
Opportunities (Peluang)
A. Banyaknya konsumen
Banyaknya masyarakat yang menggemari
makanan ringan berupagipang pdas manis, karena jipang adalah panganan yang baik dikonsumsi
dan sudah menjadi kegemaran orang banyak. Dengan begitu jipang ini memiliki kesempatan yang baik
dalam bersaing dipasaran, Karena menyajikan jipang yang berbeda dari biasanya.
B. Sistem pemasaran
Pemasaran yang akan kami lakukan
cukup mudah. Kami akan memasarkannya dilingkungan kampus, tempat tinggal,
online serta kami akan menaruhnya di e-commerce dan juga toko - toko terdekat.
Threats (Ancaman)
A. Salah satu bentuk ancaman yang
dikhawatirkan bisa terjadi adalah keacuhan konsumen dan juga akan munculnya
para pesaing yang akan menyaingi produk tersebut.
3.5
Pemilihan Teknologi
Teknologi yang kami gunakan sebagai
alat untuk memproduksi produk-produk kami, antara lain:
·
Kompor gas, kompor gas
digunakan untuk memasak menggunkan kompor gas lebih efisien disbanding
menggunkan kompor kayu atau kompor listrik
·
Baskom, untuk tempat
mendingin kan ketan setalah dikukus
·
Panci, untuk merebus gula
·
Tempat
menanak nasi, untuk mengkukus beras
·
Ember,
untuk merendam beras
·
Wajan, untuk menggoreng
jipang
·
Nampan,
untuk menjemur jipang
·
Pisau,
untuk memotong jipang
·
Belender,
untuk menghancurkan cabe rawit
·
Toples, untuk tempat
kemasan JIPSANIS
3.6 Manajemen Persediaan
Manajemen
persediaan produk “JIPSANIS” dilakukan dengan sangat cermat. Berdasarkan ramalan
produksi yang kami lakukan, maka kami dapat menghitung berapa bahan baku yang
diperlukan untuk dapat melakukan sekali produksi tersebut. Kami melakukan
pembelian bahan baku dalam jumlah sedang , misalnya untuk kebutuhan 3 kali produksi, dengan tujuan agar
bahan baku tetep dalam keadaan bagus. Sebelum bahan baku habis, kami akan
melakukan pembelian kembali. Hal tersebut dilakukan agar semua permintaan
terhadap produk kami dapat terpenuhi.
3.7
Pengawasan Kualitas Produksi
Pengawasan
kualitas produksi merupakan kelanjutan dari proses perencanaan kualitas yang
telah dilaksanakan sebelumnya. Pengawasan kualitas produksi ini dapat dilakukan dengan
terlebih dahulu membuat SOP (standart operasionalprosedur) untuk setiap aspek
yang ada dalam “JIPSANIS”. Mulai dari pembelian bahan baku, proses produksi,
hinggapelayanan kami via online maupun langsung. Mengecek kelayakan produk kami
di setiap toko dalam berkala
3.8
Proses
Produksi
Resep Pembuatan
Bahan :
1. Beras
Ketan putih
2. Gula
pasir & Garam
3. Air
4. Cabe rawit
5. Minyak
sayur
Topping
:
1. Kacang tanah
2. Kacang almond
3. Coklat
4. caramel
Cara Membuat :
• Pertama
beras ketan sebagai bahan utama di cuci bersih menggunakan air bersih, rendam selama 90 menit
• Kukus
beras ketan yang sudah bersih sampai dirasa mekar Selama 20 menit sampai menjadi aron
• Campurkan
gula pasir, cabe rawit yang
sudah di tumbuk dan garam lalu siram dengan air secukupnya
• Rebus dan aduk sampai mendidih serta gula, tumbukan
caberawit dan garam larut dalam air
• Campurkan beras yang sudah dikukus dengan rebusan air
gula, cabe rawit halus dan garam hingga meresap
• Selanjutnya kukus higga mateng sempurna, angkat
• Tuang campuran bahan diatas kedalam loyang beralas
plastik yang sudah diberi olesan minyak. keumudian potong bentuk segitiga da
bungkus dengan plastik tersebut, lalu jemur sampai kering.
• Setelah itu goreng jipag dengnan minyak panas dalam wajan
sampai mengapung dan garing. Angkat dan dinginkan
• Oleskan caramel lalu beri toping sesuai yang kita
inginkan, ada kacang tanah, kacang almond dan carmel saja..
pengemasan
Pengemasan
dilakukan dengan menggunakan topples yang serupa dengan topples kue kering
lainnya dan diberi perekat agar topples keda udara sehingga kerenyahan JIPSANIS akan tetap terjaga dan
siap untuk dipasarkan.
BAB IV
ASPEK MANAJEMEN
4.1
Aspek Manajemen
Struktur Organisasi
|
|
|
||||||||
·
Nama :
Nopiyanti
Nim :
5554150004
Jurusan :
ekonomi islam
Jabatan : Bagian Keuangan
Jobdes : Menganalisis keuangan
usaha
Mengatur
pemasukan dan pengeluaran keuangan
Melakukan
pembukuan
·
Nama :
endah putriutami
Nim :
55041500031
Jurusan :
keuangan perbankan
Jabatan : Bagian Pemasaran
Jobdes : Melakukan pemasaran
mulai dari menjadi admin media sosial
Melakukan
kerja sama dengan toko-toko yang akan menjadi tempat penitipan
produk, reseller dan konsumen.
·
Nama : fera nurfatihah
Nim :
5557766000
Jurusan :
perpajakan
Jabatan :
Bagian operasional / produksi
Jobdes : Membeli bahan baku
Melakukan proses
produksi dan pengemasan JIPSANIS
BAB
V
ASPEK
KEUANGAN
5.1 Recana
kebutuhan dana
Biaya investasi
Keterangan
|
Jumlah
|
Harga
|
Pisau
|
4 Buah
|
Rp
100.000
|
Baskom
|
4 Buah
|
Rp
200.000
|
Nampan
|
6 Buah
|
Rp
300.000
|
Paci
|
2 Unit
|
Rp
300.000
|
Penggorengan
|
2 Buah
|
Rp
300.000
|
Kompor gas
|
1 Buah
|
Rp
500.000
|
tabung gas
|
1 Buah
|
Rp
600.000
|
Wajan
|
2 Buah
|
Rp
200.000
|
Ember
|
2 Buah
|
Rp
100.000
|
pengkuskus nasi
|
1 Buah
|
Rp
200.000
|
Blender
|
1 Buah
|
Rp
200.000
|
Jumlah
|
|
Rp3.000.000
|
Biaya
Operasional
keterangan
|
Jumlah
|
harga
|
Beras ketan
|
6 liter
|
Rp 90.000
|
Minyak sayur
|
2 liter
|
Rp 30.000
|
Kacang Almond
|
Rp3.000
|
Rp 3.000
|
Kacang tanah
|
1 kg
|
Rp 25.000
|
Gula jawa
|
1 kg
|
Rp 10.000
|
Gula putih
|
2 kg
|
Rp 30.000
|
Cabai rawit
|
1 kg
|
Rp 50.000
|
Kertas kue
|
3 pack
|
Rp 10.000
|
Toples plastic
|
30 toples
|
Rp 60.000
|
Gas
|
Isinya
|
Rp 40.000
|
Jumlah
|
|
Rp 345.000
|
Biaya
Pegeluaran Tetap
Keterangan
|
Harga (perBulan)
|
Harga/Tahun
|
Biaya Pemasaran
|
Rp 300.000
|
Rp 3.600.000
|
2 orang pegawai
|
Rp 300.000
|
Rp 3.600.000
|
Biaya Transportasi
|
Rp 400.000
|
Rp 4.800.000
|
Listrik dan Air telpon
|
Rp 150.000
|
Rp 1.800.000
|
Jumlah
|
Rp 1.150.000
|
Rp 13.800.000
|
Biaya
Rp. 345.000; dalam sekali produksi (3-5 jam)
Dalam
sekali proses produksi dapat menghasilkan 30 toples jipsanis
Maka:
HPP = Biaya
produksi : kapasitas produksi
= Rp. 345.000 : 30
Toples
=
Rp. 11.500
Ekspektasi Laba sebesar 60% dari biaya.
= 40% x Rp. 345.000
= Rp. 138.000
Jumlah HPP =
Biaya produksi + ekspektasi laba
=
Rp. 345.000 + Rp. 138.000= Rp. 483.000
Maka harga jual yang harus ditawarkan agar dapat memenuhi
keuntungan yang diharapkan yaitu sebesar 60% adalah :
Harga Jual = Jumlah HPP : kapasitas produksi
= Rp. 483.000 : 30 Toples
= Rp. 16.100 per toples Renbo
1.Pendapatan
|
|
|
Pendapatan Perhari (30 pcs/hari)
|
Rp 483.000
|
|
Pendapatan Perbulan (870 pcs/29hari)
|
Rp 14.007.000
|
|
Pendapatan Pertahun (10440pcs)
|
Rp 168.084.000
|
|
Hasil Penjualan
|
|
Rp 168.084.000
|
Biaya Produksi
|
Rp 345.000
|
|
Biaya Tenaga Kerja (2 Org)
|
Rp 3.600.000
|
|
Biaya Pemasaran
|
Rp
3.600.000
|
|
Biaya Transportasi
|
Rp
4.800.000
|
|
Listrik dan Air telpon
|
Rp
1.800.000
|
|
Biaya Peralatan
|
Rp 3000,000
|
|
Jumlah
|
Rp 13.545.000
|
|
Total Biaya
|
|
13.545.000
|
|
Hasil
Akhir
|
168.070.455
|
Proyeksi
Laba Rugi (Pada Tahun Pertama)
Penghitungan laba rugi dengan menghitung selisih
dari hasil penjualan dengan pengeluaran biaya
Laba/Rugi = TR – TC
= Rp 168.084.000 - Rp 13.545.000
= Rp 168.070.455
CV Bahagia Sukses Makmur adalah Perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa dan sewa Tenda Roder / Hanggar serta tenda lainnya. Kami memproduksi tenda dengan ukuran standard ataupun custom untuk kebutuhan gudang, marketing, event, wedding (pernikahan), party, DLL.
BalasHapusTenda Roder Putih dan Tenda Transparan
Tenda Roder Putih
Salah satu yang cukup sering digunakan adalah tenda roder dengan penutup PVC putih, Jenis tenda ini menjadi pilihan bagi anda yang ingin mengadakan acara yang bersifat komersil atau lebih privasi.
Selain untuk event sendiri tenda ini juga sering digunakan sebagai tenda rumah sakit, tenda covid, tenda gudang tenda posko kemanan ataupun darurat.
Tenda Transparan
Tenda transparan ini dapat memberikan penerangan yang lebih maksimal dari pada tenda roder putih karena cahaya dapat masuk lebih banyak banyak ke dalam tenda ini. Tenda jenis ini memiliki kesan yang lebih arkistik dan elegan, sangat cocok untuk anda yang memimginkan tampilan cantik pada saat acara dilangsungkan.
Pada umumnya tenda ini sering digunakan untuk acara event, wedding (pernikahan), party, bazar, pameran, DLL.
Spesifikasi Tenda Roder
1. Menggunakan PVC 850 blackout untuk atap nya, Dan bahan dindingnya ada 550, 410, 880 dan 850.
Bisa disesaikan dengan kebutuhan ataupun keinginan anda.
Blackouk sendiri tahan terhadap sinar UV matahari, Sehingga saat berada didalam tenda anda akan merasa nyaman.
2. Memiliki Ukuran yang besar Dan beragam
Kami memiliki beberapa ukuran bentangan yaitu 10 m, 15m dan 20 m dengan panjang bentangan kebelakang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anda.
3. Menggunakan rangka allumunium yang tahan terhadap karat. Atau bisa juga menggunakan besi.
4. Cocok digunakan untuk segala jenis acara.
5. Tidak Memerlukan IMB (ijin mendirikan bangunan)
Spesifikasi rangka tenda Roder
1. Bentangan 10
memiliki tebal 65 x 100 x 4 mm
2. bentangan 15
memiliki tebal 85 x 120 x 4 mm
3. Bentangan 20
memiliki tebal 100 x 200 x 4 mm
*tingginya 3 m untuk bentangan 10 dan 15. Serta 4 m untuk bentangan 20. (bisa custom)
Tenda kerucut / sarnafil
Tenda sarnafil adalah jenis tenda promosi, event ataupun bazar, dengan bentuk atap kerucut sisi dinding PVC 410 gsm dan 550 gsm Blackout yang dapat ditutup dan dibuka.
Tenda jenis ini dapat digunakan untuk :
- Berbagai kegiatan promosi / event.
- Bazar, Seminar dan Pameran.
Desain tenda sarnafil dapat disesuaikan dengan keinginan anda dan tersedia berbagai ukuran yaitu 3m x 3m, 4m x 4m, 5m x 5m dengan tinggi tiang kaki 2m s/d 2,5 m. Tenda ini juga bisa ditambahkan ornamen - ornamen seperti dinding ataupun pintu yang terbuat dari mika.
Tenda Kerucut menggunakan ranga besi sedangkan Tenda Sarnafil menggunakan rangka alumunium.
Perusahaan kami telah berpengalaman dalam Membuat berbagai macam tenda. Silahkan hubungi 0811 1252 0824 RAHMA
Office: Ruko Cendana Raya No. 15A, Bencongan Indah, Karawaci, Tangerang.
SENIN - SABTU / 08.00 - 17.00
Anda juga dapat menghubungi kami di :
https://tendagudangjakarta.blogspot.com/
https://tendagudangbogor.blogspot.com/
https://tendaroderbsm.blogspot.com/
Twitter : @TangerangRoder
Instagram : @tendapameranjakarta
Instagram : @tendagudangjakarta
SHOPEE : @https:tendarodertangerang
TOKOPEDIA :@partisipameran23
PINTEREST : @TENDARODERBANDUNG